6 Agt 2016

Liburan Aman dan Seru Perlu Direncanakan



Acara Sun Life di Cafe Halaman PVJ Bandung

Berbicara tentang liburan, siapa sih yang nggak butuh liburan? Tentu semua orang butuh dan pengen (pake banget) untuk liburan, tapi belum banyak orang yang bisa merencanakan liburannya dengan baik. Banyak kan dari kita yang awalnya seneng-seneng abis gitu gigit jari gara-gara uang abis bahkan mungkin menyisakan hutang sebagai “oleh-oleh” liburan yang tanpa perencanaan. 

Saya pun baru nggeh kalo liburan memang harus benar-benar direncanakan dengan matang agar tak menyisakan masalah sehabis liburan. Di acara seminar yang diadakan oleh Sun Life Financial Indonesia dengan mengusung tema “Wujudkan Liburan Terbaikmu” peserta seminar diajak untuk merencanakan liburannya. Seminar pada tanggal 31 Juli 2016 itu digelar di Café Halaman Paris Van Java, Bandung. Seminar diisi oleh dua narasumber yang tentunya berpengalaman seputar liburan dan keuangan.

Liburan itu Harus Tanpa Hutang

Narasumber pertama adalah Joice Tauris Santi, Jurnalis Senior Kompas yang juga seorang Financial Planner. Bu Joice berbagi ilmu mengenai merencakan liburan dengan cukup rinci sambil diselingi pengalaman-pengalan liburannya ke berbagai tempat di berbagai negara. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika merencanakan liburan versi perencana keuagan ialah: 

Waktu, mengenai waktu memang susah-susah gampang menentukannya. Tetapi mau tidak mau harus anda menentukan waktu yang pasti untuk liburan. Selain untuk kejelasan keberangkatan dan pengosongan jadwal, waktu kita berangkat menentukan budget yang harus dikeluarkan nantinya. Maka weekend/weekday dan high season/low season adalah hal yang memang harus dipertimbangkan. Kemudian tentukan tujuan karena ada beberapa hal yang berkaitan dengan hal tersebut baik dari segi jarak, bagaimana cuaca  juga makanan di tempat tujuan dan penginapan yang nantinya menentukan budget yang harus disiapkan. Beda kan liburan ke rumah nenek yang makan dan tidur gratis dengan pergi ke Paris yang bahkan kenalan aja kagak punya. Selanjutnya mari lanjut ke 6 pos pengeluaran terbesar ketika berlibur:

-Transportasi               -Rekreasi (tiket masuk, dll)
-Penginapan                -Oleh-oleh
-Makanan                    -Biaya tidak terduga (10%)

Perencana Keuangan, Joice Tauris Santi


           
         Dalam hal pengeluaran inilah yang harus benar-benar matang dipikirkan dan dipersiapkan. Jadi sebaiknya memang menabung dulu sebelum berlibur atau teman-teman bisa memilih untuk melakukan investasi jika liburan yang anda rencakan masih dalam waktu yang cukup lama. Jika liburan yang diimpikan masih 3-5 tahun lagi teman-teman bisa melakukan investasi reksadana atau tabungan emas. Keduanya bisa dipilih karena dalam jangka panjang keuntungannya jauh lebih besar ketimbang menabung biasa di bank dan juga resikonya pun lebih kecil. So, untuk liburan nabung dulu deh dari pada ngutang dulu. Jangan lupa, sehabis liburan anda masih bisa memberdayakan liburan loh. Kalo blogger sih udah pasti nulis ya di blog pribadi atau pun bisa juga mengirim artikel khusus mengenai perjalanan ke media cetak maupun elektronik.  Bahkan jika teman-teman serius bisa bikin buku sekalian.  

Tips Seputar Liburan Asik Dan Aman


            Sedangkan narasumber kedua Parmadi Budiprasetyo yang juga dikenal sebagai Blogger Photographer memberikan Tips dan juga Trik ketika berlibur yang benar-benar bermanfaat dan bikin liburan teman-teman jadi lebih asik tapi tetap aman. Parmadi membagi liburan ke dalam 5 proses (Perencanaan, Persiapan, Perjalanan, Petualangan, Evaluasi). Btw ini beberapa hal yang menurut saya penting yang memang benar-benar harus dipersiapkan buat para calon traveller. Ada beberapa poin yang saya tidak dapat dari materi Bu Joice seperti pergi dengan siapa, kapan, kemana. Pada poin pergi dengan siapa inilah yang memang agak repot tapi menyenangkan terutama ketika berlibur bersama keluarga maupun teman, tapi ya itu, terutama ketika dengan keluarga, harus ada persiapan ekstra apalagi jika membawa anak kecil. Selain tempat yang harus bersahabat, barang bawaan pun biasanya lebih banyak. 

Parmadi, Traveller dan Blogger Photographer



Dokumen penting pun tentu tak lupa harus dipersiapkan baik yang asli dan salinan dalam bentuk fisik maupun digital. Bentuk digital tentu dibutuhkan kalau-kalau terjadi kehilangan dan sepetinya memang harus dilakukan bagi para calon traveller. Tak hanya itu yang berkaitan dengan informasi kesehatan seperti golongan darah ataupun informasi alergi yang dimiliki. Ini pun sama (in case) terjadi kecelakaan ataupun apalah itu yang membutuhkan informasi golongan darah maupun pengobatan, informasi tersebut harus ada di tempat yang mudah ditemukan. Hal ini dapat membantu jika hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi. 


            Jika berkaitan dengan masalah barang bawaan, sebaiknya memisahkan barang berharga ke tas yang akan dibawa dengan yang diletakkan dibagasi. Terlebih para pengguna pesawat terbang, barang yang ada dikoper disarankan hanya pakaian saja meskipun memang saat ini keamanan bandara jauh lebih ditingkatkan. Satu hal, jika teman-teman ingin mendapat seat yang diinginkan ketika periksa tiket lalukan 3S (senyum, salam, sapa) kepada pramugari dan meminta untuk ditempatkan posisi favorit, contohnya disamping jendela. “Mostly, it works,” he said.


Parmadi pun menjelaskan agar traveller sebaiknya berpakaian sesederhana mungkin, jangan berpenampilan mewah karena bisa memicu kejahatan juga harga yang mendadak naik. Berasakan kalo jadi outsiders harga pasti mahal? Nah Parmadi pun memberi tips untuk berbaur dengan orang lokal, mengikuti juga menghormati budaya lokal dan belajar bahasa lokal setidaknya sapaan contohnya seperti teteh, akang, neng, aa, dll.

Liburan sebaiknya mengikuti budaya lokal setempat



Hal yang utama kedua narasumber mengungkapkan pentinya asuransi ketika melakukan perjalanan. Baik asuransi kesehatan maupun proteksi. Terlebih Parmadi menekankan jika perjalanan atau liburan anda mengharuskan membawa barang-barang berharga sebaiknya memang diasuransikan terlebih dahulu. Terkadang kita menganggap kita akan baik-baik saja, tapi nasib orang siapa yang tahu. Disinilah pentingnya asuransi. Seperti yang dibilang Pak Kaiser Simanungkalit sebagai AVP Head of Branding & Communication Sun Life Financial Indonesia, bahwa asuransi itu seperti mentransfer resiko. Kita sudah siap dengan resiko maupun hal buruk yang akan terjadi. 



Bright Advisor Solusi Segala Pertanyaan Seputar Finansial 



Deuh jangankan ngomong asuransi untuk kesehatan, proteksi atau apapun itulah, dasar pengetahuan tentang asuransi aja saya nggak ngerti!


Tenang, saya pun nggak gitu paham betul asuransi itu seperti apa. Kebetulan di acara yang sama Sun Life Financial Indonesia yang sudah hadir sejak 20 tahun lalu di Indonesia meluncurkan portal BrightAdvisor. Portal ini khusus dihadirkan untuk mengedukasi masyarakat seputar dunia keuangan, asuransi, dan investasi sebagai bentuk kominten Sun Life untuk membangun Indonesia #LebihBaik. 


Bright Advisor adalah website yang digunakan untuk bertanya mengenai segala masalah asuransi, investasi dan juga perencanaan keuangan. Portal gratis ini bisa menjawab semua pertanyaan atau keingintahuan teman-teman tentang segala hal tersebut. Segala pertanyaan akan dijawab langsung oleh petugas Sun Life. Website ini bukan “tempat jualan” loh tapi benar-benar didedikasikan untuk masyarakat Indonesia agar semua masyarakat bisa paham mengenai literasi keuangan. Dimulai dari pendidikan finansial inilah  Sun Life berharap bisa membangun secara perlahan untuk Indonesia #LebihBaik. 



Lewat website www.brightadvisor.co.id teman-teman bisa memiliki pengetahuan dan rencana keuangan yang lebih baik. Makanya sering-sering tanya dan jangan sungkan untuk bertanya. Gara-gara orang Indonesia suka malu tatap muka untuk bertanya Bright Advisor tercipta. Selain itu, cara penggunaannya pun mudah hanya tinggal log in dengan memberikan alamat email atau langsung log in lewat Facebook, teman-teman sudah bisa bertanya apapun. Jangka waktu pertanyaan dijawab pun relatif cepat yakni 2-4 jam dan maksimal 2x24 jam. Mau melalui PC atau pun Smartphone portal Bright Advisor tetap bisa diakses dengan mudah asal punya kuota haha. 



Nggak perlu ribet soal asuransinya dulu kalo liburannya masih jauh. Lebih baik mengerti dahulu saja soal asuransi, investasi maupun rencana keuangan untuk liburannya melalui website tersebut. kalo semua sudah dimengerti, rencana liburan biasanya jauh lebih matang dan eksekusi ketika liburan datang pun bisa asyik dilakukan tanpa menghiraukan apapun lagi karena sebelumnya semua hal sudah direncanakan. Jangankan liburan yang cuma beberapa hari atau hitungan minggu. Hidupmu pun bisa  jauh lebih baik jika direncakanan sebelumnya baik dari segi kesehatan, pendidikan juga saat masa pensiun. Disinilah pentingnya asuransi yang mampu merencakan kehidupan yang #LebihBaik untuk Indonesia #LebihBaik. So, what is your plan?      

   

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
7 Agustus 2016 20.47

bagus tulisannya. Bunda keduluan wkwkwk

Reply