15 Agt 2016

Tomyam Kelapa Bandung, Tomyam Enak Nan Unik

Tomyam Kelapa Bandung (Dok.Pri)

Tomyam memang bukan makanan asli Indonesia, makanan ini asli dari negeri gajah Thailand. Memiliki cita rasa khas dengan rasa asamnya yang cukup kuat membuat beberapa orang kurang menyukai makanan berkuah ini. Dengan alasan itu Tomyam Kelapa membuat rasa asam sebagai ciri khas masakan tomyam yang berbeda dan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.


Tomyam Kelapa Spesial (Dok.Pri)

Berbeda dengan tomyam kebanyakan, tomyam disini disajikan didalam kelapa muda sehingga diberi nama Tomyam Kelapa. Cukup sukses di lokasi pusat yakni di daerah Ciputat Tanggerang Selatan, akhirnya Tomyam Kelapa membuka cabang pertamanya di Kota Kembang Bandung tanggal 6 Agustus 2016. Bandung dipilih sebagai cabang pertama dari Tomyam Kelapa karena Bandung dikenal sebagai kota kuliner, dan tentunya Tomyam Kelapa ini yang pertama di Bandung. Lokasinya ada di salah satu pujasera di jalan Lombok no. 47 Bandung. Buka mulai jam 11 siang - 11 malam. 
lokasi pujasera (Dok.Pri)

Hal yang unik dari makanan ini tentu dari penyajiannya yang menggunakan kelapa muda sebagai pengganti mangkuk. Selain itu ternyata kuah tomyamnya pun menggunakan air kelapa sebagai penambah rasa asam dan gurih yang alami. Bisa dibilang air kelapa pun sebagai pengganti kaldu. Tak hanya air kelapa, jeruk nipis pun ditambahkan sebagai penguat rasa asam untuk kuah tomyamnya. Masih ada yang spesial lagi loh, untuk dapat rasa yang khas Tomyam Kelapa mengimpor bumbu pasta tomyam langsung dari negeri asalnya Thailand. Eitss, jangan khawatir, meski impor dijamin halal kok bumbunya. 
Pilihan menu dan harga (Dok.Pri)
Nah untuk isian tomyamnya kita bisa pilih sendiri seperti daging sapi, ayam, udang, cumi, bakso, sayuran atau bahkan campur. Pokoknya bisa by request deh, jadi buat kamu yang alergi seafood, daging sapi atau bahkan kamu yang vegetarian tetep bisa nyobain Tomyam Kelapa ini. Sedikit info nih, air kelapa juga ternyata bisa menetralisir rasa seafood bagi kamu yang memang alergi seafood. Menu lainnya kamu bisa cobain kwetiau dan mie seperti Kwetiau Kungpaw, atau Mie Ayam Tomyam. 
Tomyam Kelapa Seafood (Dok.Pri)

Kebetulan pas nyobain, saya pesen Tomyam Kelapa Seafood, isinya cumi, udang, juga jamur. Menurut saya, rasanya enak dan rasa asamnya memang pas. Daging kelapa mudanyanya pun bisa dimakan loh, bukan cuma mangkuk doang. Bikin kenyanglah satu porsi Tomyam kelapa plus nasi. Cocok buat makan siang terlebih buat makan malam karena bener-bener disajikan panas-panas. Pas buat kamu yang lagi cari kehangatan :P   

Btw, akang-akang yang kerja di Tomyam Kelapa ternyata semua lulusan pesantren yang sama lohh. Jadi usaha ini semacam usaha dari alumni pesatren tersebut. Sapa tau selain mencari kehangatan dari tomyam bisa menjalin kedekatan juga. Kali-kali aja langsung di khitbah gitu wkwk. Satu hal yang bikin salut sih beberapa dari mereka masih kuliah. Nggak gampang loh ya kuliah sambil kerja. Jadi tak perlu meragugan kehalalan masakannya ya, yang masak aja dah nyantri bertahun-tahun. Jangan juga minta dihalalin di TKP ya soalnya ada yang gantengnya nggak nahan. #ehh ;p
Bener kan, aku nggak boong ;D (Dok.Pri)

Lanjut lagiii…

Nggak afdol lah ya kalo ngomongin makan nggak ngomongin harga. Tomyam Kelapa ini ramah di kantong bingitss. Harga makanan mulai Rp.11.000–Rp. 35.000. Cocok bingits lah buat anak mahasiswa, anak kos kere kaya saya masih bisa mengjangkau lah ya :D. Karena Tomyam Kelapa berada di satu pujasera jadi minumnya nggak nyatu, sebagai rekomendasi bisa coba Go Milk yang harganya mulai Rp. 10.000 aja. Bisa dicoba yang rasa leci, lumayan syegerr kalo kata saya mah daripada green tea. 
Menu dan daftar harga makanan
Bosen kan nyobain makanan yang itu-itu aja, jadi kapan-kapan boleh lah mampir ke Tomyam Kelapa Bandung, udah pasti enak dan unik. Meskipun makanan Thailand tapi tetep rasa lokal  :)

 

8 komentar

Tulis komentar
avatar
16 Agustus 2016 00.24

Ih dek rara bilangin bunda loh pengen di khitbah :D

Eh salah ya, kok malah itu yang jadi highlight. Hehe

Yups Tomyam ini bisa jadi pilihan kuliner baru biar ga bosan dengan menu yang itu-itu saja. Enak banget, thanks for share Rara

Reply
avatar
16 Agustus 2016 22.29

ngiler bacanya.. ngiler juga liat Aa2nya. *eh salah fokus. :P

Reply
avatar
17 Agustus 2016 23.38

Tomyam kelapanya enak, seger. Kebetulan aku suka tomyam.
*ngikik baca kode terselubung :D

Reply
avatar
22 Agustus 2016 10.50

canda tehhh wkwk
nuhun sudah mampir :D

Reply
avatar
22 Agustus 2016 10.51

segera mampir dehh, skalian cuci mata :))
mksh sudah mampir :D

Reply
avatar
22 Agustus 2016 10.51

kode terselubung hihi
maksh sdah mampir :))

Reply