30 Sep 2016

GIIAS Auto Show Surabaya 2016, Pameran Mobil dan Pengenalann Produk Pertamina Terbaru



Rabu sore lalu saya dan beberapa rekan blogger Surabaya dan Malang berkesempatan hadir di acara GIIAS Auto Show Surabaya 2016. Acara yang berlangsung 5 hari berturut-turut mulai dari 28 sept-02 okt 2016 mendapat sambutan yang baik dari masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Dilaksanakan di area Grand City Mall, pameran mobil ini cukup menyita banyak perhatian. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang hadir di acara pameran. Pengunjung yang hadir berasal dari berbagai usia dan profesi. Semua pengunjung dimanjakan dengan berpuluh-puluh mobil yang berasal dari berbagai merk dan berbagai jenis mobil. 
            



 Ada sekitar 13 brand mobil ternama yang mengikuti GIIAS Auto Show Surabaya 2016 kali ini. Tentu nama-nama brand tesebut sudah tak asing lagi di telinga masyarakat, beberapa diantanya ialah Mitsubishi, Mercedes Benz, Isuzu, Honda, Nissan, Daihatsu dll. Tentunya mobil-mobil yang ditawarkan adalah mobil unggulan tiap brand dan banyak diantanya adalah produk-produk terbaru dari tiap brand tersebut. Selain jenis mobil mini, mobil keluarga dan mobil sedan mewah, ada pula beberapa truk yang turut ditampilkan di acara Auto Show Surabaya.  

Surabaya adalah tempat ketiga setelah Makassar dan BSD City tempat diselenggarakannya GIIAS Auto Show 2016 ini. GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) sebagai penyelenggra memilih Surabaya sebagai tempat ketiga karena Jawa Timur dinilai memiliki industri yang terus berkembang. Transportasi sebagai kebutuhan pendukung pun dinilai menjadi hal yang penting. Sehingga acara ini dapat membantu dan menjadi lahan transaksi alat transportasi yang potensial bagi wilayah Jawa Timur khususnya kota Surabaya dan sekitarnya.


Pada rabu sore tersebut blogger, wartawan dan pengunjung yang hadir diajak Pertamina untuk mengenal produk terbaru mereka. Pertamina sendiri meluncurkan produk bahan bakar minyak baru yakni Pertamax Turbo, 4 produk Pelumas Fastron dan bahan bakar gas yang diberi nama Pertamina Vigas. Tujuan pengenalan produk-produk Pertamina tersebut selain ajang promosi juga ajang edukasi pada masyarakat luas.

Peluncuran BBM Pertamax Turbo diiringi dengan kehadiran mobil tangki hitam dengan corak emas di depan lobby Grand City Mall. Pertamax Turbo merupakan BBM dengan oktan 98. Dengan tingkat oktan yang dimiliki, bahan bakar minyak jenis ini didesain untuk mesin dengan teknologi termutakhir. Mobil sport yang dilengkapi dengan teknologi supercharger dan turbocharger sangat cocok jika menggunakan bbm jenis ini. Kelebihan penggunaan Pertamax Turbo ialah meningkatkan kecepatan dan akselerasi, hal ini sudah melalui riset terkini. Kesempurnaan performa mobil tentu bisa dimiliki karena kualitas tinggi dari bahan Pertamax Turbo sendiri. Hal yang menarik, produk bbm terbaru Pertamina ini menggandeng merek mobil dari Itali yakni Lamborghini sebagai technical partner.



Satu hal yang menarik perhatian saya adalah produk bahan bakar gas, yakni Pertamina Vigas. Vigas sendiri adalah BBG berbentuk cair atau biasa disebut juga produk LGV (Liquiefied Gas for Vehicle) yang diformulasikan untuk kendaraan bermotor yang terdiri dari campuran Propane (C3) dan Butane (C4). Memiliki harga jual yang cukup murah yakni Rp. 5100/liter, Pertamina Vigas memiliki banyak keunggulan dari bahan bakar minyak. Beberapa keunggulan Vigas yakni bahan bakar yang ramah lingkungan, memiliki RON 98, memperpanjang umum mesin, bahan bakar yang bebas sulfur dan timbal. Kelebihan lainnya juga membuat pembakaran lebih sempurna, lebih bertenaga dan membuat suara mesin lebih halus juga bebas knocking. BBG ini hanya bisa diterapkan di mobil saja. Sementara ini untuk SPBUnya sendiri baru ada di sekitaran Jawa Timur dan Bali dengan jumlah keseluruhan 30 SBPU. 


Tak hanya mengeluarkan produk bahan bakar minyak dan gas saja, Pertamina pun memperkenalkan 4 pelumas Pertamina Fastron yang berbahan minyak sintetis. Beberapa diantaranya adalah Fastron Platinum Racing yang sangat sesuai untuk penggunaan mobil-mobil sport, racing atau mobil yang menggunakan teknologi mesin modern terbaru. Platinum Racing bahkan telah mendapat pengakuan dan persetujuan dari Lamborghini. Kemudian ada juga Fastron Gold yang cocok untuk mobil yang digunakan dalam kondisi ekstrim. Sedangkan Fastron Techno merupakan pelumas yang cocok untuk mobil yang penggunaanya untuk aktivitas sehari-hari. Satu produk lainnya adalah Fastron Diesel yang tentu dari namanya saja kita sudah bisa menebak penggunaanya untuk mobil bermesin diesel.


Berkunjung ke acara GIIAS Auto Show Surabaya 2016 tentu cukup menyenangkan. Tak hanya bisa melihat mobil keluaran terbaru dan mengenal produk-produk Pertamina. Tetapi saya pun mendapat hiburan dengan acara musik yang ditampilkan, karaoke spot yang disediakan dan simulator Lamborghini yang ada di ruang utama show room. Masih ada 2 hari tersisa hingga akhir pekan ini untuk menikmati acara GIIAS Auto Show Surabaya 2016. Ajak serta keluarga atau rekan, siapa tau ada mobil yang nyantol di hati.