17 Nov 2016

Islam dan Muhammadiyah Untuk Indonesia


sumber:wikipedia
Berbicara mengenai Muhammadiyah tidak terlepas dari kata Islam karena Muhammadiyah salah satu organisasi juga gerakan Islam yang moderis yang ada di Indonesia. Muhammadiyah banyak berperan penting dalam memajukan dan mengembangkan Islam di Indonesia. Banyak pergerakan yang berakar dari Muhammadiyah beberapa diantaranya yakni IMM, IPM, Aisiyah. Cabang dari organisasi atau gerakan tersebut bertujuan untuk lebih mengkhususkan dan memfokuskan kegiatan-kegiatan yang akan memajukan dan mengembangkan islam yang berbeda hanya orang-orang yang ada didalamnya namun sebenarnya secara general semua pergerakan tersebut sama-sama berorientasi pada kemajuan dalam pembaruannya, yang mengarahkan hidup umat Islam untuk beragama secara benar dan melahirkan rahmat bagi kehidupan.



Lahirnya Muhammadiyah di Indonesia dengan beberapa alasan diantaranya : membersihkan Islam di Indonesia dari pengaruh dan kebiasaan yang bukan Islam, reformulasi doktrin Islam dengan pandangan alam pikiran modern, reformulasi ajaran dan pendidikan Islam, mempertahankan Islam dari pengaruh dan serangan luar. Selain itu pun  dalam Al-quran disebutkan dalam Q.S Ali-Imran :104 ialah :


“ Sekelompok orang untuk mengajak kepada Islam, menyuruh pada yang ma‘ruf, dan mencegah dari yang munkar ”


Atas dasar itulah Muhammadiyah berdiri di Indonesia dan banyak berkontribusi selain bagi kemajuan Islam sendiri tapi bagi Indonesia juga, seperti dalam dunia pendidikan, tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan umum saja tetapi juga memberikan pelajaran berupa keagamaan untuk membentuk akhlak pribadi seseorang untuk menjadi lebih baik, baik dalam ekonomi, sosial dan lain-lain.