29 Des 2016

Malang Citizen, Komunitas Blogger Dengan Beragam Kegiatan Positif



Dunia perbloggeran memang sudah cukup dibutuhkan dan diperhitungkan selain pers. Begitu pun di Malang, kota yang semakin berkembang dari berbagai aspek terutama pendidikan, wisata, bisnis kuliner dll. Semakin pesatnya perkembangan khususnya perekonomian, blogger pun cukup menjadi pilihan selain media mainstream sebagai pasukan penyebar informasi. Jumlahnya pun tentu semakin meningkat dari tahun ke tahun. Komunitas yang menaungi para blogger pun bermunculan salah satunya Malang Citizen (MC). 




Tepat hari Minggu tanggal 18 Desember Komunitas Malang Citizen resmi di launching. Peresmian salah satu komunitas blogger se-Malang Raya ini bertempat di Sawojajar di salah satu rumah dari pengurus MC sendiri. Diawali dengan sambutan dari tuan rumah yakni Sri Rahayu dan sambutan dari Anisa AE sebagai ketua MC, acara kemudian dilanjut dengan potong tumpeng, doa dan makan bersama. Cukup banyak undangan yang hadir ketika peresmian baik dari pengurus, angggota dari MC sendiri, dan beberapa undarangan dari komunitas lain seperti   IMMS, Blogger Ngalam dan juga Blogger Kompasiana Malang.
 

Jika dibanding dengan komunitas Blogger lain yang saya ikuti di Malang, MC memang jauh lebih terstruktur dan memiliki tujuan yang cukup jelas yakni sebagai media warga dan berbagi informasi seputar Malang dan sekitarnya terutama dalam hal wisata, kuliner, dan beragam informasi lainnya. Efek yang diharapkan tentu bisa memperkenalkan dan mendongkrak popularitas maupun kunjungan ke Malang.

Realisasi dari tujuan MC sudah selangkah lebih maju. Malang Citizen memiliki website sendiri yang memudahkan pembaca maupun para blogger sendiri. Bagi para pembaca, beragam info bisa diintip langsung lewat website tersebut. Sedangkan bagi para blogger, tulisan yang diposting berupa ringkasan bisa mencantumkan link dan langsung menuju website pribadi. Bagi para blogger tentu satu keuntungan lebih karena bisa menambah jumlah pembaca di blog pribadanya. Paling tidak bisa dikenal karena tampil dihalaman depan website MC.  

   

            Kegiatan komunitas sejauh ini ialah review ke beberapa tempat, ngopi sambil sharing ilmu seputar blogging, dan berbagai diskusi positif di grup WA. Satu hal yang cukup membuat saya kagum dengan komunitas ini selain memang cukup rapi  dan terstruktur secara organisasi, di grup WA MC setiap hari kamis diadakan English Day. Chatting antar anggota pun dilakukan dengan bahasa inggris sebisanya. Meski tidak semua benar dalam penggunaan bahasa yang benar, namun semangat ingin maju dan memajukan kota tercinta sangat terlihat dari tiap anggotanya.  

            Kedepannya semoga MC selalu sukses dan solid, dan tetap menjadi komunitas positif yang memberi pengaruh baik bagi anggota maupun bagi para pembaca melalui tulisan-tulisannya. Selain itu tujuan yang sejak awal digagas semoga bisa tercapai dengan upaya bersama-sama.