26 Jan 2017

Berdakwah Lewat Bisnis, Tak Hanya Profit yang Dicari




Zulfa ketika mengarahkan karyawannya (dok.pri)
Muda dan sukses. Mungkin dua kata ini cocok bila disandingkan dengan nama Zulfa Andriantoro. Lelaki asal Blitar yang baru menginjak umur 31 tahun ini sudah memiliki 5 bidang usaha yang semuanya ternyata selalu memiliki nilai manfaat. Contohnya saja usaha kuliner yang baru ia buka awal April 2016 lalu, yakni Warung dan Café Ikhlas. 

Tempat makan ini memiliki dua konsep unik. Pertama siapapun yang membeli menu normal, mereka secara otomatis juga bersedekah karena sebagian keuntungan disalurkan untuk prasmanan ikhlas. Prasmanan ikhlas sendiri merpersilahkan pelanggan yang telah terdaftar sebagai member untuk  makan sepuasnya dengan bayar sesukanya. Khususnya para mahasiswa dan pelajar adalah sasaran dari bisnisnya kali ini.

Zulfa juga mengaku bahwa ia memang menjalankan bisnis sambil berdakwah, di setiap lini bisnisnya tak hanya keuntungan saja yang ia cari. Ayah satu anak ini pun mengungapkan “ ketika bisnis itu memiliki asas manfaat, disitulah nilai value plusnya buat saya pribadi dan manajemen, buat apa hanya keuntungan uang yang didapat tapi asas manfaatnya kurang.”

Berbicara mengenai prestasi, Zulfa justru menganggap jika ridho orang tua merupakan prestasi tertinggi dan itu melebihi segala-galanya. Lelaki yang dua tahun belakangan telah berdomisili di Malang ini, ternyata juga seorang motivator yang sering di undang ke beberapa event. Selain itu, ia juga ditunjuk sebagai salah satu imam di daerah tempat tinggalnya, tepatnya di Masjid Al-Mustaqiem Tasikmadu, Malang.