Hotel Zam Zam Batu, Fasilitas Super Lengkap Sekelas Bintang 4

Hotel tampak depan



Susah susah gampang cari tempat menginap yang memiliki fasilitas lengkap dengan lokasi terdekat menuju tempat wisata unggulan di Batu. Kebetulan saya sudah pernah mencoba menginap di villa dan homestay daerah sekitaran Batu. Meski jauh lebih murah menginap di homestay tetapi resikonya mendapat fasilitas yang terbatas, sedangkan memilih villa meski lebih mahal dan lebih nyaman tetapi lagi-lagi fasilitas tambahan atau hiburan belum banyak pilihan. Mau tak mau pilihan jatuh kembali ke Hotel, salah satu pilihannya yakni Zam Zam Hotel Batu. Berada dalam satu kawasan, kita bisa menikmati beragam fasilitas yang ditawarkan hotel Zam Zam tanpa perlu keluar dari area hotel. Kebetulan rabu lalu (22/03/2017) saya sempat mengikuti Zam Zam Hotel Tour, tak disangka ternyata ada hotel yang berada di kaki gunung ini memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap untuk memanjakan para tamu yang datang.

Kemegahn hotel bak istana

Loksi hotel yang barada di bawah gunung
Pembangunan hotel sebenarnya dimulai sejak 2012 dan selesai tahun 2014 dengan jumlah total kamar 76 unit. Jauh sebelum itu tiga vila, dua lapangan futsal dan satu gedung karoke dibangun sejak tahun 2005. Zam Zam Hotel sendiri resmi beroprasi pada Mei 2014. Sejak saat itu pun fasilitas yang dimiliki terbilang lengkap untuk ukuran hotel. Dari tahun ke tahun Zamzam semakin berkembang dan memiliki banyak fasilitas yang ditawarkan untuk kenyamanan dan kemudahan para tamu. Nama Zam Zam dipilih harapannya agar hotel ini bisa seperti Air Zam Zam yang ada di Mekah. Dengan kehadirannya bisa menghidupi lingkungan sekitar baik bagi pemilik, pegawai, masyarakat sekitar dan juga pemerintah kota Batu terutama untuk mendukung pariwisata Batu. 

Lantai dua hotel


salah satu kamar hotel

Zam Zam dikenal dengan kamar hotel terluas di kelasnya. Statement ini menjelaskan jika kamar-kamar hotel di Zam Zam terbilang sangat luas jika dibandingkan dengan hotel bintang 3 lainnya. Sampai saat ini Zam Zam hotel memiliki 76 kamar dengan tujuh tipe yakni, 14 Kamar tipe Superior(35m²), 26 Kamar tipe Deluxe(40m²), 3 Kamar tipe Junior Sweet (56m²), 3 Kamar tipe Executive (49m²), 29 Kamar tipe Family Standard(63m²) & Family Deluxe(63m²), dan 1 Kamar tipe Deluxe Sweet/President (64m²). Setiap kamar disediakan telepon, tv kabel, save deposit box, kulkas mini, AC, dan air panas. Ditambah kebersihan kamar selalu terjaga dan diusakan untuk selalu wangi. Karena berada di bawah kaki gunung dan memang dikelilingi gunung-gunung di Batu, setiap tamu yang menginap di Zam Zam Hotel dimanjakan dengan pemandangan alam yang memukau dan suasana yang sejuk.

Family Room dengan dua kasur besar

Pemandangan dari kamar hotel Zam Zam

Alat mandi hotel


Rate harga tiap kamar

Tak cukup membahas kamar saja, hotel ini pun memiliki masjid sendiri yang bisa menampung sekitar 100± jamaah. Setiap bulan puasa pun masjid pun melaksanakan sholat tarawih bersama. Dibangunnya masjid memang sengaja untuk memudahkan tamu hotel untuk melaksanakan ibadah sholat dan juga sarana mendekatkan management dengan warga sekitar karena jamaah masjid tak hanya tamu dan pegawai tetapi juga masyarakat sekitar hotel. Pihak hotel pun sengaja bekerjasama dengan NU Kota Batu sehingga setiap Sholat Jumat, khotib yang bertugas merupakan kiriman dari pihak NU Batu.

Masjid hotel

Masjid tampak dalam yang bersih

Hotel tiga lantai ini pun memiliki empat Meeting Room dan dua Restaurant. Meeting room yang sering dipergunakan adalah salah satunya Bromo Meeting Room yang bisa menampung hingga 250 orang. Keempat meeting room disediakan guna memenuhi kebutuhan para tamu baik yang ingin mengadakan rapat, seminar, pertunangan, pernikahan, ulang tahun, dan acara-acara lainnya. Mengingat Malang dan Batu merupakan kota yang perkembangan bisnisnya cukup pesat, tempat-tempat meeting pun tentu dibutuhkan sehingga tak heran jika Zam Zam Hotel meliliki meeting room bukan hanya satu tapi hingga empat.


Bromo Meeting Room
Pemandangan dari Bromo meeting room

 Sedangkan untuk restaurant, Panderman Restaurant menjadi andalan karena memiliki tempat yang luas dan pemandangan gunung yang bisa dinikmati sambil menyantap makanan. beragam masakan pun bisa dicicipi mulai dari masakan tradisional, western hingga chinese. Dengan satu chef, enam koki dan dua steward semua masakan yang disajikan dijamin kesegaran, kebersihan, hingga kehalalanya. Bahkan masakan yang dimasak dijamin bebas msg sehingga dari segi kesehatan, makanan Zam Zam hotel tentu terjamin dan pasti berkualitas.

Koki hotel


Pemandangan Gunung sekitar dilihat dari Panderman Reto

Seperti hotel kebanyakan, Zam Zam pun memiliki kolam renang dengan kedalaman 2m untuk dewasa dan satu kolam kecil untuk anak-anak. Kolamnya bersih dan dikelilingi banyak tanaman yang membuat suasana kian asri dan sejuk. Sekalin itu disekitaran area kolam renang, ada juga gazebo kayu untuk para tamu bersantai. Tepat didepannya sedang dibangun area foto yang instagramable. Tempat tersebut berupa taman yang nantinya akan disulap menjadi spot foto bagi para tamu-tamu. Wajar ya jika saat ini tempat wisata bahkan hotel sekalipun menyediakan tempat khusus untuk berfoto. Selain untuk kesenangan dan kenyamanan pengunjung, tentu sebagai media promosi juga bagi hotel sendiri.  

Kolam renang hotel yang bersih juga asri
 Fasilitas dihotel Zam Zam yang jarang dimiliki hotel lain yakni Karoke dan Lapangan Futsal ini tentu jadi kelebihan dan nilai plus sendiri. Gedung karoke lantai dua ini tepat berada disisi hotel sehingga memudahkan tamu yang juga ingin berkaroke ria. Jumlah keseluruhan ruangan karoke yakni 12 ruangan dengan beragam tipe. Tempat futsalnya pun cukup ramai dan banyak dibooking. Ada 3 sesi untuk waktu sewa lapangan yakni pagi, siang, malam. Untuk harga sendiri dipatok mulai 60-100k. Fasilitas penunjang lain pun disediakan seperti wifi, area parkir, laundry, rental motor (80k-120k/24jam), antar jemput bandara (399k)/stasiun (150k), bahkan ada juga jasa antar Fieldtrip malang raya (600k).  Menurut saya sendiri sih, Zam Zam hotel ini memang menawarkan fasilitas super lengkap.

Tempat Futsal, salah satu fasilitas hotel


Tempat karoke milik Zam Zam Hotel

Berhubung lokasi Hotel Zam Zam ini ada di Batu, akses menuju tempat wisata terkenal pun cukup dekat dan terjangkau sekali. Misalnya saja wisata petik apel 500 M dari hotel, museum angkut 1 KM, Jatim Park 1 1KM, Jatim Park 2 KM, Alun-Alun 3KM. So, cukup dekat juga dengan wisata-wisata andalan Batu. Pilihan wisata cukup mudah diakses karena lokasi hotel yang strategis.


Satu hal lagi yang membuat saya tak meragukan kualitas Zam Zam Hotel dengan kelas bintang tiga ini, hotelnya sudah memiliki sertifikat LSU (Lembaga Sertifikasi Usaha). Hotel ini sudah diaudit dan mendapatkan sertifikat dan masuk dalam hotel bintang 3. Zam Zam Hotel tersertifikasi melalui LSU Mega Tritunggal Mulia Surabaya no.reg. 014/LSU-MTM/II/2015  masa berlaku 3 tahun  mulai 18 Februari 2015 hingga 18 Februari 2018. Sertifikat bukan semata-mata sebagai bukti usaha dan ketaatan pemilik usaha tetapi juga untuk kenyamanan dan keselamatan pengunjung. Lewat sertifikat inilah semua fasilitas dan segala macam barang yang berkaitan dengan customer dinilai dan ditinjau.

Gazebo dan taman dekat kolam renang
Dari sini juga saya mengerti bahwa pengkategorian hotel berbintang bukan berdasar kemauan pemilik tetapi ada kategori dan diaudit terlebih dahulu baru diberi kategori bintang berdasar kualitas hotel tersebut. Hotel Zam Zam sendiri sebenarnya sudah masuk kategori bintang 4 namun karena pihak management sendiri yang tetap menginginkan agar Zam Zam tetap masuk kategori bintang 3. 


At the end, Zam Zam hotel ini cocok untuk menginap keluarga. Lokasi yang asri dan berbagai fasilitas yang ramah anak seperi kolam renang, taman, area outbond dan play ground tentu jadi bisa jadi alasan kuat. Tak hanya cocok untuk keluarga saja, tetapi bagi tamu yang menginginkan kenyamanan menginap dengan kualitas hotel bintang 3 dan fasilitas bejibun, Hotel Zam Zam tentu bisa jadi pilihan utama.  

Zam Zam Hotel and Convention


Jl. Abdul Gani Atas Kota Batu, Jawa Timur

Telp.0341-591148/591149


www.zamzamhotel.com 

Liputan Video bisa dilihat langsung




46 komentar:

  1. Waw, lengkapnyaa.. sampai ada lapangan futsal dan karaokenya. Btw kolamnya 2 m yang dewasa? wadu aku kelelep, haha, mana gak bisa renang :D.

    Ulasannya lengkap, maleh pengen nginap di sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar renang sek mas wkwk

      Hapus
    2. wah, mas ini komennya selalu nomor satu kalo di blognya mbak Rara....
      ^_^

      Hapus
  2. Wiih asyik.ada tempat futsalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ayo futsal bareng dsana xD

      Hapus
  3. Setuju, kamar-kamar-nya luaas bnget ya. Bawa keluarga asyik nginep di situ

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes mbak, hotel kelurga memang :D

      Hapus
  4. Kapan yaaa bisa ngumpul keluarga di tempat seperti ini
    Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan y mbak? hhe
      aku juga jadi pgn ajak keluarga ksni, tempatnya luas banyak fasilitas pula

      Hapus
  5. War biasa Asiiikkk dan keren memang tapi harga juga keren ini hehehe semoga bisa mencoba sensasinya bersama keluarga

    BalasHapus
  6. War biasa Asiiikkk dan keren memang tapi harga juga keren ini hehehe semoga bisa mencoba sensasinya bersama keluarga

    BalasHapus
  7. War biasa Asiiikkk dan keren memang tapi harga juga keren ini hehehe semoga bisa mencoba sensasinya bersama keluarga

    BalasHapus
  8. Ayo nginep bareng-bareng nang kene. Pasti seru. :D

    BalasHapus
  9. Tempatnya megah banget ya.. Lengkap lagi, kolam renang juga ada. Tempatnya cocok banget buat bersantai bersama keluarga. Menghabiskan di akhir pekan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt mas, megah kya istana :D

      Hapus
  10. Wah makasih mba ya info harganya.. ada yg nanya sy soalnya hehe

    BalasHapus
  11. Kalau ke Batu jadi pengen mencoba menginap di hotel ini ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa bgt mbak, recommended :D

      Hapus
  12. Hotel syariah ya? Keren fasilitas sama pemandangannya, keren juga kayaknya harganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga mengkhususkan syariah sbnernya hhe. Pemandangannya ajib memang :)

      Hapus
  13. Komplit ulasannya... ada videonya lagi :)

    BalasHapus
  14. Nice info kak :)
    Recommended dah kalo mau bermalam..

    BalasHapus
  15. Jadi pengen kesana lagi, karaokean, hehehe

    BalasHapus
  16. Marinka Putri26 Maret 2017 17.01

    waw mantap nih.. harga dan fasilitas sesuai.. lokasi juga strategis.. betah pasti lama* d situ hha..

    BalasHapus
  17. Kepingin ngerasain tidur di hotel ini....., kayaknya nyaman banget.
    😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyaman bgt, apalagi klo dapat voucher :D

      Hapus
  18. Masih tersepona dengan masjidnya, semoga bisa balik ke sana lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, moga bisa balik dan nginep dsna :D

      Hapus
  19. Waah ajak saya nginep ya kak kalau mau menginap lagi 😆😊

    BalasHapus
  20. Zamzam termasuk hotel yang unik, terutama pada Masjid yang dikelola dengan khusus, sehingga bisa memberikan banyak manfaat bagi pengunjung dan masyarakat sekitarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak, unik dari segi bagunan dan fasilitas yg dimiliki gg seperti hotel kebanyakan

      Hapus
  21. Budget disesuaikan dengan fasilitas yang super lengkap. Semoga bisa menginap di sana, blogger Jatim harus siap-siap jadi tuan rumah nih

    BalasHapus