13 Sep 2017

Asix Oleh Oleh, Berharap Maju Bersama UMKM Malang

Kota Malang saat ini lagi kebanjiran produk-produk milik artis ibukota, nggak heran sih ya jika Kota Malang jadi incaran para artis untuk membuka "lapak" di Kota Dingin ini. Selain karena potensi alamnya, potensi wisatanya pun sudah bukan jadi barang baru lagi. Begitu banyak taman hiburan dan rekreasi yang tinggal tunjuk jari saking banyak pilihannya. Jatim Park, Museum Angkut, Batu Night Spectacular hingga yang terbaru adalah Malang Night Paradise adalah sejumlah tempat dari beragam pilihan wisata di daerah Batu dan Malang. Berhubung saat ini Malang sudah jadi tujuan destinasi orang se-Indonesia, membuka bisnis kuliner tentu bisa menjadi sesuatu yang menjanjikan di Malang. Apalagi jika sudah memiliki nama besar dan dikenal banyak orang. Kesempatan ini pula lah yang di ambil Anang dan Ashanty sekeluarga dengan membuka toko Oleh Oleh Asix (A6).

Asix (A6) sendiri merupakan toko kue yang namanya terinspirasi atau diambil dari inisial semua anggota keluarga Anang yang berjumlah 6 ini (Anang, Ashanty, Aurel, Azriel, Arsy, dan Arsya). Toko yang baru dibuka 19 Agustus 2017 ini mengundang rasa penasaran warga Malang dan  sekitarnya. Toko tak pernah sepi dan selalu didatangi customer terutama ketika akhir pekan.Selain nama dari toko oleh-olehnya diambil dari inisial nama, tiap varian kue nya pun diberi nama sesuai dengan nama anggota keluarga musisi Anang Hermansyah ini. Sesuai jumlah anggota keluarga, variannya pun ada 6 rasa, Anang Charchoal, Ash Kayagreen, Loly Rainbery Velvet, Jielly Hazeline, Acio Chocolava, dan Acabi Chizmelt.


Soal rasa, kue jenis sponge cake ini cukup lembut dan pas rasanya. Sejauh ini saya baru mencoba Jielly, Anang, dan Loly. Dari ketiga varian rasa tersebut menurut saya yang juara adalah varian Jielly Hazeline dengan filling cokelat hazelnutnya. Selain toppingnya yang crunchy, cakenya yang wangi dan fillingnya yang full cokelatnya, perpaduan ketiganya bener-bener bikin meleleh di mulut dan pengen nambah lagi dan lagi. Ditambah, rasanya benar-benar pas dan nggak bikin eneg sama sekali. 


Cake A6 Oleh Oleh ini dibuat selalu fresh pada hari tersebut dijual dan selalu habis, sehingga nggak ada kue yang menginap di store. Keunggulan lain, cake yang dibuat tidak ada tambahan bahan pengawet sehingga hanya tahan 3 hari di suhu ruangan dan 7 hari jika di simpan di kulkas. Ketahanan kue juga yang menjadi alasan A6 Oleh Oleh tidak melayani pengirim luar kota karena bisa beresiko kerusakan kue. Selain kuenya bisa rusak, beresiko juga jika kue kadaluarsa di jalan.


Berbeda dengan artis kebanyakan, keluarga A6 menyadari bisninsnya bisa "melibas" usaha skala rumahan, A6 justru mengajak UMKM untuk maju bersama dengan menyediakan display khusus UMKM di store A6 di jl Guntur no 8, Malang. Bahkan minggu lalu, saya berkesempatan datang ke acara Festival UKM dan Kuliner yang sengaja dibuat untuk sekaligus membantu UMKM di Malang. Acara yang digelar dari tanggal 10-11 September ini bahkan dihadiri langsung oleh Anang, Ashanti dan Aurel. Setelah sesi berjualan  A6 Oleh Oleh, keluaga A6 ini berbaur dengan customer, pelaku UMKM bahkan melakukan sesi foto bersama setiap UMKM yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Anang sendiri sempat berucap jika acara Festival UKM dan Kuliner ini akan diadakan secara rutin dan berlangsung satu bulan sekali. Hal ini juga merupakan bukti dari komitmen A6 Oleh Oleh untuk menggandeng UMKM Kota Malang. UMKM yang terlibat berupa makanan, kopi, produk kerajinan, dan juga pakaian.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
15 September 2017 19.38

penasaran sama loly rainberry... kemarin udah nyobain yang Jielly hazzeline

Reply
avatar
26 September 2017 09.16

nggak beda jauh mbak sama jielly sebenernya, cuma beda rasa hahah

Reply