Social Media Monitoring, 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui

July 23, 2019

Social media tenyata tak hanya sebatas unggah status, foto dan video saja, tetapi lebih dari itu Anda bisa memonitor dan menganalisis pergerakan followers dan juga konten yang Anda bagikan. Hal ini tentu penting bagi Anda publik figur apalagi suatu brand atau perusahaan yang perlu terus memantau atau mengetahui opini mengenai brand atau nama baik perusahaan di dunia maya. 

Apa itu Social Media Monitoring?

Social media monitoring sendiri bermakna menilai reputasi produk, individu atau perusahaan di social media atau secara general di dunia maya dengan cara mengumpulkan berbagai data dari berbagai sosial media, website, blog, komentar, portal hingga forum di internet dengan tools tertentu. Social media monitoring secara sederhana bisa berarti cara mencari tahu penilaian positif, negatif, dan netral terhadap sesuatu baik individu, perusahaan maupun produk.

Apa Kegunaan Social Media Monitoring ?

Fungsi dari social media monitoring sendiri adalah mengetahui pAndangan masyarakat di dunia online mengenai produk, individu, perusahaan atau organisasi tertentu. Jika Anda adalah pengusaha atau publik figur, mengetahui reputasi Anda di dunia maya tentu hal yang perlu Anda ketahui tujuannya untuk mengambil keputusan selanjutnya, mendengar kritik dan saran dari konsumen hingga mengetahui seberapa efektif kampanye online yang Anda lakukan sehingga bisnis atau brand Anda bisa semakin maju dan berkembang lebih baik.

Selain itu, Anda juga bisa merespon komentar negatif baik dengan menghapusnya jika itu dalam kolom komentar Anda  atau bisa menanggapinya dengan cara yang baik. Pada beberapa tools tertentu Anda bahkan bisa mendapatkan data lengkap sesuai dengan kebutuhan Anda mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan akun sosial media Anda, reputasi Anda, reputasi kompetitor hingga laporan performa sosial media Anda dan kompetitor.  

Siapa yang Perlu Menggunakan Social Media Monitoring?

Seperti yang sudah beberapa kali disebutkan, social media monitoring penting bagi individu, perusahaan, atau organisasi terutama yang menggunakan internet sebagai media utama atau penunjang untuk berjualan, meninggakatkan awareness, berhubungan dengan konsumen, beriklan di sosial media untuk mengetahui bagaimana pAndangan masyarakat terhadap nama, perusahaan, atau organisasi Anda.  

Bagaimana Cara Kerjanya?

Dengan memanfaatkan big data, social media monitoring bisa dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti berbagai channel sosial media, website, blog, forum berdasar pada query (pertanyaan) atau kata kunci yang ingin dicari. Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan mesin pencari google tetapi tools social media monitoring biasanya terbatas hanya pada beberapa sosial media tertentu saja. Pencarian datanya juga hanya pada data-data publik yang memang boleh diakses dan diizinkan oleh pemilik data.

Apa Pengaruh Penggunaan Social Media Monitoring?

Social media monitoring memudahkan Anda untuk mendapat berbagai macam data atau laporan baik mengenai sosial media, reputasi Anda maupun kompetitor di dunia maya. Data berfungsi sebagai lAndasan untuk mengambil langkah selanjutnya untuk perubahan dan kemajuan Anda maupun perusahaan.

Berkaitan dengan respon positif yang ada, Anda bisa gunakan sebagai bahan pemasaran Anda karena hal tersebut adalah testimoni konsumen Anda langsung dan secara jujur. Sedangkan respon negatif bisa sebagai alarm bagi Anda untuk semakin memperbaiki hal yang masih kurang dari bisnis Anda dan merespon komentar tersebut dengan baik.

Jika Anda beriklan di sosial media, Anda tentu bisa melihat respon atau kampanye mana yang berhasil dan yang tidak. Dengan begitu Anda bisa langsung memperbaikinya kedepan.

Hal yang sudah pasti menjadi kelebihan di dunia digital, data-data tersebut bisa langsung Anda dapat dengan cepat dan real time. Jika ada yang berkomentar negatif, Anda bisa langsung meresponnya dengan cepat , jika positif Anda bisa mengetahuinya dengan segera. 

No comments:

Powered by Blogger.