Rekomendasi Optik di Bandung – Review Yuda Optik Bandung

December 13, 2020



Akhir Bulan November kemarin, entah kenapa tiba-tiba saya teledor dan tidak sengaja memecahkan kacamata. Dua cantelannya patah tanpa bisa di lem atau diperbaiki sama sekali.


Mau tidak mau saya buru-buru mencari kaca mata lama. Saya sendiri hanya punya 1 kaca mata, jadi tidak ada kaca mata cadangan wkwk. Jadi beralih sementara ke kacamata lama.


Tidak pernah membuang kaca mata lama


Kebiasaan saya setiap berganti kaca mata, biasanya kaca mata lama tidak pernah dibuang. Hal ini selalu saya lakukan karena kejadian-kejadian seperti kaca mata patah bisa dipastikan 80% selalu terjadi wkwk.

Selain itu, proses pembuatan kaca mata baru setidaknya memakan waktu 1 hari paling cepat. Jika kegiatan hanya di rumah saja sepertinya tidak masalah, tetapi ketika harus berkendara ini yang jadi PR, setidaknya bisa membantu sedikit meski biasanya ukuran minusnya sudah berbeda.


Mencari Referensi Optik  di Google

Sebenarnya ada 1 optik langganan, saya sudah pernah 2 kali membeli kacamata di tempat tersebut, lokasinya di daerah pahlawan. Hanya saja karena sedang butuh cepat dan mau mencoba optik lain, saya memutuskan untuk mencari rekomendasi optik di Bandung yang lokasinya dekat kantor.


Awalnya saya mau mencoba membeli kaca mata di daerah ABC atau sekitar RS Mata Cicendo tetapi setelah saya cek di Google maps, di kedua tempat tersebut justru tidak rekomen. Dengan beberapa pertimbangan lain saya coba tempat lain. Akhirnya keputusan jatuh ke Yuda Optik yang lokasinya berada di Cihampelas, tidak jauh dari lokasi saya.


Sekitar jam 2 siang saya langsung meluncur ke Yuda Optik tersebut. Mengapa akhirnya saya memutuskan mencoba membeli kacamata di Yuda Optik sebenarnya simple, karena tidak ada review jelek di Google Maps meskipun reviewnya hanya sekitar 30an saja.


Sesampainya saya Yuda Optik saya langsung bertanya range harga kacamata. Dari harga Yuda Optik ini memiliki beragam pilihan mulai dari 150k, 250k, dan 300k sudah paket dengan lensa. Untuk paket dengan lensa ada di show case yang ada di dinding, sementara harga 300k ke atas yang berada di show case meja. Untuk yang di meja rata-rata diatas 300k frame saja belum dengan lensa.


Saya sendiri niatnya cari yang murah saja wkw, tapi untuk frame rentang harga 150k tidak ada yang pas di wajah, akhirnya ada yang pas di range harga 250k. Cukup terjangkau apalagi saya harus ganti kacamata saat akhir bulan wkwk.


Sempat Salah Ukuran Minus, Untung Ada Garansi


Tes mata di Yuda Optik saya akui sedikit berbeda dengan tes mata di optik saya sebelumnya. Di tempat ini sudah pakai monitor dan ada beberapa jenis tes, tidak hanya tes huruf saja. Hanya saja, saya sempat salah ukuran. Di satu sisi menyesal juga karena tidak membawa kaca mata sebelumnya. Tes mata sebelumnya saya hanya minus saja, tapi agak kaget ketika ada tambahan silindris 0.5 untuk mata kiri dan kanan sementara untuk minusnya di 3.


Saat kaca mata sebenarnya tidak ada masalah, bahkan saya cukup lama memakai kaca mata testing. Tapi sehari setelahnya saat kacamata saya jadi, rasanya berbeda. Saat memakai langsung pusing, tapi saya pikir ini karena efek kaca mata baru, biasanya dalam hitungan jam sudah tidak masalah.


Tapi sampai 5 hari setiap saya pakai kaca mata, tidak kuat pakai lama-lama pasti saja pusing. Melihat jauh tidak masalah tapi setiap melihat dekat dan melihat layar komputer tidak bisa berlama-lama. Akhirnya sama kembali ke optik untuk menyampaikan keluhan saya.


Memang saat pengambilan sebelumnya, petugasnya bilang ada garansi 1 bulan jika memang kacamatanya masih tidak nyaman di pakai. Setelah saya coba tanyakan, bisa klaim garansi dan mata saya kembali di cek. Di tes kedua ini, lebih detail lagi, tidak hanya hurus, tetapi juga ada tes warna merah dan hijau, juga tes ketebalan garis.


Setelah di periksa benar dugaan saya, silindrisnya memang seharusnya tidak ada. Akhirnya kaca mata diganti dengan konsekwensi menunggu kembali 1 hari untuk penggantian. Esoknya saat kaca mata selesai, memang benar terasa lebih nyaman karena ukurannya sudah sesuai.


Kesimpulannya, Yuda Optik bisa menjadi rekomendasi optik kaca mata di Bandung. Selain ada garansi, bagi Anda yang memiliki BPJS bisa juga menggunakan asuransi BPJS di Yuda Optik. Tes matanya juga lumayan detail meski ada kesalahan di tes pertama wkwk.


Dari segi layanan saya nilai cukup lah ya. Layanannya tidak ramah tetapi tidak ketus juga wkwk. Mungkin karena yang melayani sudah bapak-bapak jadi ya begitulah. Mungkin kalau belajar service layanannya akan lebih excellent lagi. Overall lumayan puas dengan layanan dan range harga yang beragam, next time akan order kembali sih sepertinya.  

No comments:

Powered by Blogger.